Acronis Luncurkan Cloud Data Center Pertama di Indonesia, peluang bagi Pengendalian Data

Jakarta, 19 Agustus 2021 – Acronis, pemimpin perusahaan dalam bidang perlindungan siber, pada hari ini mengumumkan dibukanya Acronis Cyber Cloud Data Center di Indonesia. Data Center satu dari 111 data center terbaru yang digunakan perusahaan, memberikan akses layanan terhadap mitra bisnis berupa solusi perlindungan siber dimana mereka dapat membangun layanan baru saat memberikan akses lebih cepat, ketersediaan data yang konstan, dan data tertinggi bagi pelanggan mereka.

Kemampuan tersebut merupakan kunci bagi penyedia layanan Indonesia saat ini, sebagai cyberthreats loom diatas tatanan bisnis dan aksesbilitas, privasi, dan sesuai tuntutan pertumbuhan kepatuhan. Sesuai Peraturan Pemerintah No. 82 tahun 2012 perihal Pelaksanaan Sistem Elektronik dan Transaksi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan bahwa data strategis seperti indikator yang terkait dengan keamanan negara dan kecerdasan, atau populasi data, akan disimpan secara local .

“Memberikan dampak bencana serangan dunia maya dan dengan lanskap ancaman dunia maya yang terus menerus berkembang – serangan dunia maya di Indonesia hampir berlipat menjadi lebih dari 495 juta (menurut Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN))—perlindungan siber dan data kepatuhan yang merupakan prioritas uatama bagi perusahaan di Indonesia”, kata Rendy Maulana Akbar, Chairman, Association Cloud Hosting Indonesia. “Kami sangat bergembira memiliki vendor perlindungan siber yang dikenal secara global, Acronis, meluncurkan lokal data center di Indonesia.  Saat ini, perusahaan-perusahaan Indonesia akan dapat menyimpan data strategik mereka di Indonesia.”

Pembukaan data center di Indonesia merupakan bagian dari AcronisGlobal/Local Inisiatif, upaya yang mencakup seluruh data manajemen global untuk data terpusat, redudansi geografik, untuk mengontrol mitra lokal, dan lokasi pemulihan bencana—seluruhnya dengan biaya yang kompetitif. Tujuan dari inisiatif ini adalah penyedia layanan tidak akan mengalami kesulitan atas kepatuhan yang terus mengalami perubahan, data kedaulatan, dan kinerja mereka dalam menghadapi persyaratan pelanggan mereka. 

Jaringan global dari Acronis Cyber Cloud Data Centers sudah termasuk lokasi di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Swiss, Perancis, Jerman, Jepang, Australia, Selandia Baru, Bhutan, Korea Utara, India, dan Singapura. Dengan adanya data center di Indonesia, penyedia jasa lokal akan memiliki lokasi di negaranya dimana mereka dapat menyimpan data kritikal bisnis bagi pelanggan mereka. Managed Service Providers (MSPs) juga akan mendapatkan manfaat dari kelengkapan dari managed cloud solutions dan solusi perlindungan siber yang tesedia melalui Acronis Cyber Cloud platform.

“Kehadiran lokal data center adalah kebutuhan mutlak bagi bisnis cloud modern dan kami bangga memberikan Acronis Cyber Cloud Data Center di Indonesia, salah satu fokus utama Acronis di APAC, daerah berkembang yang paling cepat”, kata Neil Morarji, General Manager, Acronis APAC. “Ini merupakan sesuatu yang diinginkan mitra kami saat ini—memiliki  Acronis Cloud Data Center di Indonesia. Sekarang mereka dapat menjaga data lokal pelanggan dan mereka mengetahui bahwa mereka didukung mitra global yang siap dalam 24/7/365 untuk menangani masalah. Bersama mitra jaringan pusat data, kami mampu mengimbangi meledaknya jejak data dan mengirimkan solusi perlindungan siber terbaik ke penyedia layanan dan pelanggan mereka.”

Pendekatan komprehensif terhadap perlindungan siber ini semakin penting bagi organisasi untuk berhasil di industri TI saat ini. Seperti terungkap dalam Laporan Cyberthreats Report Mid-year 2021 yang dikeluarkan oleh Acronis baru-baru ini, empat dari lima organisasi mengalami pelanggaran keamanan siber yang berasal dari kerentanan pada ekosistem vendor pihak ketiga, hanya dalam paruh pertama tahun 2021. Pada saat yang sama, rata-rata biaya pelanggaran data naik menjadi sekitar $3,56 juta, dengan rata-rata pembayaran ransomware melonjak 33 persen – menjadi lebih dari $100.000.

Di antara solusi yang sekarang tersedia melalui data center baru adalah Acronis Cyber Protect, yaitu integrasi yang unik dari backup, pemulihan bencana pada sistem, antimalware generasi berikutnya, keamanan siber dan endpoint management tools – semuanya dikelola melalui satu panel kaca. Solusi yang bersertifikasi VB100 dan kemampuannya yang unik tersebut membuat Acronis Cyber Protect mendapatkan Penghargaan Inovasi Produk Baru 2020 untuk Perlindungan Data dari Frost & Sullivan.

Mitra Acronis di Indonesia menyatakan kegembiraannya tentang kemampuan dan peluang data center yang baru akan membuat lebih yakin mereka menawarkan ke pelanggan.

“Acronis merupakan mitra yang penting bagi Datacomm dan peluncuran ini merupakan salah satu contoh komitmen dan posisi perusahaan dengan data keamanan dan bisnis yang berkelanjutan bagi pelanggan dan bisnis di Indonesia. Kami bangga dapat sejajar dengan Perusahaan yang fokus dalam memberikan keamanan data lokal dan solusi bisnis berkelanjutan bagi mitra kami,” kata Tan Wie Tjin, Presiden Direktur di Datacomm Diangraha.

Solusi Acronis Cyber Protection mengatasi Lima Faktor Perlindungan Cyber yaitu memastikan keamanan, aksesibilitas, privasi, mempertahankan keaslian dan mengaplikasikan keamanan (SAPAS) data. Dengan cara yang sama, Acronis Cloud Data Centers dirancang untuk memberikan tingkat tertinggi dari ketersediaan data, keamanan, dan keselamatan—dengan masing-masing kemudahan fitur dengan perangkat yang mutakhir serta operasional terbaik dan pengawasan keamanan.

Bagi penyedia layanan yang berminat untuk mempelajari lebih lanjut dari solusi perlindungan siber tersedia melalui Acronis Cyber Cloud platform dapat menghubungi Aviantri Faiza, Acronis Indonesia Channel Head at Aviantri.Faiza@acronis.com.

Tentang Acronis

Acronis menyatukan perlindungan data dan keamanan siber untuk menghadirkan perlindungan siber yang otomatis dan terintegrasi untuk memberikan solusi atas tantangan keselamatan, aksesibilitas, privasi, keaslian, dan keamanan (SAPAS) di dunia digital modern. Dengan model penerapan fleksibel yang sesuai dengan tuntutan penyedia layanan dan profesional TI, Acronis memberikan perlindungan siber yang unggul untuk data, aplikasi, dan sistem dengan menyediakan antivirus, pencadangan, pemulihan bencana, dan solusi manajemen perlindungan di titik akhir yang inovatif. Dengan anti-malware canggih yang didukung oleh kecerdasan mesin mutakhir dan teknologi otentikasi data berbasis blockchain, maka Acronis melindungi lingkungan apa pun – mulai dari cloud hingga hybrid hingga lokal – dengan biaya rendah dan dapat diprediksi.

Acronis didirikan di Singapura pada tahun 2003 dan didirikan di Swiss pada tahun 2008, Acronis kini memiliki lebih dari 1.600 karyawan di 34 lokasi di 19 negara. Solusi Acronis dipercaya oleh lebih dari 5,5 juta pengguna rumahan dan 500.000 perusahaan, termasuk 100% dari Fortune 1000, dan juga tim olahraga profesional papan atas. Produk Acronis tersedia melalui 50.000 mitra dan penyedia layanan di lebih dari 150 negara dan menggunakan lebih dari 40 bahasa.

Dapatkan informasi selengkapnya terkait layanan Cloud dengan menghubungi kami melalui email di sales@datacommcloud.co.id atau halaman kontak.

  • Acronis Luncurkan Cloud Data Center Pertama di Indonesia, peluang bagi Pengendalian Data
    Jakarta, 19 Agustus 2021 – Acronis, pemimpin perusahaan dalam bidang perlindungan siber, pada hari ini mengumumkan dibukanya Acronis Cyber Cloud Data Center di Indonesia. Data Center satu dari 111 data …
  • Strategi Cloud Backup 3-2-1
    Siapapun Anda, menerapkan strategi backup 3-2-1 sangat penting. Strategi pencadangan yang baik dapat melindungi Anda dari kehilangan data dan memastikan file yang  diarsipkan tersedia saat Anda membutuhkannya. Mungkin saat ini …
  • Memilih Provider Cloud Backup
    Ancaman baru terhadap data yang berharga bagi bisnis muncul setiap hari, satu-satunya cara yang efektif untuk melindungi file Anda dari virus, pencurian, dan bencana lain yang tidak terduga adalah bermitra …
  • Cloud Data Governance and Management
    Pada hari Sabtu, 27 April 2019, Datacomm Cloud Business diundang untuk menjadi salah satu pembicara dalam seminar yang berjudul ‘Data Governance and Management for Digital Transformation, Industry 4.0 and Internet …
  • Customer Gathering in 2018
    Sebagai bentuk rasa terimakasih kepada para customer Datacomm Cloud Business, pada tanggal 17 April 2018 kemarin bertempat di Le Gran Café, Hotel Gran Mahakam kami mengadakan Customer Gathering. Acara juga …