Cloud Computing di New Normal

Cloud Computing di New Normal

Pandemi COVID-19 membawa dampak yang signifikan pada berbagai bidang kehidupan, salah satunya pada bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi Cloud Computing semakin diminati para pelaku bisnis di Indonesia seiring dengan meningkatnya aktivitas daring di tengah pandemi COVID-19 yang membutuhkan server lebih baik. Cloud menjadi pendukung penting ketika bisnis kecil dan besar berjuang untuk bertahan dari tantangan yang dibawa oleh pandemi Covid-19. Dari membantu perusahaan berporos ke model kerja jarak jauh atau work from home untuk kelangsungan bisnis, hingga merangkul transformasi digital untuk mendorong efisiensi, Cloud membantu para pelaku usaha menata kembali bisnis mereka di masa yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Sudah lebih dari dua tahun setelah COVID-19 dinyatakan sebagai pandemi yang mewabah di seluruh dunia, nilai bisnis yang dihasilkan oleh teknologi cloud telah membuka jalan bagi industri yang mengutamakan data dan teknologi, dan didorong oleh ekosistem teknologi berbasis data serta aplikasi. Sebuah studi menyebutkan bahwa katalisasi oleh pandemi memperkirakan pada tahun 2020 ekosistem end-user akan menghabiskan sekitar $257,5 miliar untuk layanan cloud publik. Sementara pada tahun 2021, jumlah ini dikatakan telah meningkat menjadi $396 miliar dan selanjutnya diperkirakan akan tumbuh sebesar 21,7 persen hingga mencapai $482 miliar pada tahun 2022.

Pertumbuhan tersebut juga diperkirakan akan meningkat pada tahun-tahun berikutnya, pengeluaran cloud publik akan melebihi 45 persen dari semua pengeluaran TI perusahaan. Di era pertumbuhan teknologi cloud mesin virtual (VM), berbagai perusahaan seharusnya telah menyadari bahwa mereka dapat melupakan pembelian atau pengoperasian perangkat keras dan mulai menggunakan cloud untuk meningkatkan produktivitas bisnis yang dijalankan.

Tren penting dalam teknologi Cloud Computing dalam 3-5 tahun ke depan pasca COVID-19

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa teknologi cloud memberikan peluang selama-dan-pasca era pandemik COVID-19, bukan hanya pada industri teknologi, akan tetapi berbagai macam sektor karena dapat mempermudah operasional bisnis yang dijalankan. Berikut ini terdapat beberapa tren penting dari teknologi Cloud selama 3 hingga 5 tahun kedepan setelah pandemi usai:

  1. Mayoritas perusahaan akan memiliki strategi cloud-first yang berarti cloud publik lebih diutamakan penerapannya dalam menyimpan berbagai data-data penting suatu perusahaan atau organisasi, dibandingkan menyimpannya secara on-premise.
  2. Teknologi Cloud Publik yang terdistribusi akan dimanfaatkan oleh bisnis besar. Teknologi ini mampu bergerak melampaui model pengiriman terpusat untuk menggabungkan lokasi fisik layanan yang disampaikan Cloud sebagai bagian dari definisinya. Ini akan mencakup berbagai gaya penerapan mulai dari penerapan layanan Cloud publik di lokasi hingga penerapan edge global, seluler, dan IoT. Pada kondisi inilah operasional bisnis mampu meningkatkan efisiensinya secara lebih optimal.
  3. Untuk jangka waktu kedepan, akan ada pergeseran organisasi dari lock-in dengan aplikasi monolitik menuju building-blocksaplikasi yang dapat dikomposisi yang bersumber dari beberapa vendor pasar.
  4. Penggunaan berat containerization-Databases, integrasi dan layanan platform aplikasi, orkestrasi dan alat manajemen, serta para penyedia skala besar semakin fokus untuk memungkinkan ekosistem containerization yang salah satunya memanfaatkan teknologi kubernetes.

Melihat tren yang berfokus pada peluang teknologi cloud untuk jangka waktu kedepan, maka dari itu sangat penting bagi para pemimpin bisnis dan teknologi untuk memanfaatkan peluang tersebut untuk melakukan migrasi aplikasi lokal yang saat ini digunakan dengan aplikasi berbasis teknologi Cloud. Berikut ini adalah langkah-langkah penting yang dapat dilihat oleh para pemimpin teknologi dan bisnis suatu organisasi untuk memanfaatkan keunggulan yang dihadirkan melalui teknologi cloud:

  1. Berinvestasi dalam nilai bisnis yang menggunakan teknologi cloud. Manfaat paling signifikan yang bisa dirasakan apabila menggunakan teknologi ini adalah peningkatan pada produktivitas bisnis dari waktu ke pasar yang lebih cepat, inovasi yang disederhanakan, skalabilitas yang mudah, serta risiko yang berkurang.
  2. Kembangkan model operasi teknologi bisnis baru yang memanfaatkan teknologi clouduntuk kecepatan, kelincahan, dan skalabilitas yang efisien. Perusahaan harus mendorong kemitraan baru antara TI dan bisnis dalam model operasi yang menunjukkan dan mempromosikan perluasan investasi mereka di Cloud.
  3. Penting juga bagi perusahaan untuk merekrut dan mempertahankan bakat khusus yang diperlukan untuk beroperasi di Cloud dengan sumber daya manusia yang mumpuni.

Beberapa hal tersebut dapat dilakukan oleh para pemimpin bisnis dan teknologi untuk dapat mengoptimalkan usaha mereka secara maksimal. Karena pada sejatinya ketika melihat bisnis yang memodernisasi lingkungan mereka selama pandemi, diketahui bahwa bukan organisasi yang memiliki sumber daya paling kuat dalam hal tenaga kerja, pendapatan, atau teknologi yang bertransformasi dengan mulus dan mencapai kesuksesan untuk mempertahankan usaha yang dilakukannya. Sebaliknya, organisasi-organisasi yang paling mudah beradaptasi dengan perubahan serta dapat merangkul transformasi digital yang cepat muncul di urutan teratas. Dan bisnis ini juga memiliki potensi untuk memimpin dalam inovasi, karena teknologi Cloud dapat membantu memanfaatkan kekuatan teknologi masa depan yang serba terdistrupsi.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi melalui email sales@datacommcloud.co.id atau WhatsApp +62877 0008 2888 (https://bit.ly/2saMzFx)

Referensi:

  1. McKinsey
  2. Antara News
  3. The Hindu Business Line
  4. Forbes
  • Virtualisasi Cloud Computing
    Virtualisasi Cloud Computing Adalah Virtualisasi merupakan sebuah proses abstraksi yang mengacu pada proses abstraksi yang berasal dari sumber daya computer, dimana teknik yang dilakukan adalah menyembunyikan karakteristik fisik serta mengubahnya …
  • Cloud Native dan Keunggulannya
    Dewasa ini, adopsi teknologi cloud menjadi suatu hal yang banyak dilakukan oleh perusahaan. Seiring dengan perkembangannya, teknologi cloud ini bukan lagi mengandalkan pada konsep cloud secara konvensional atau yang biasa …
  • Cloud Indonesia di New Normal
    Cloud Indonesia di masa New Normal Setelah lebih kurang 2 tahun lamanya “terkurung” akibat pandemi COVID-19, akhirnya pada tanggal 25 Mei 2022, Datacomm Cloud Business kembali menggelar acara seminar tatap …
  • Peluang Cloud Ecommerce
    Mengenal IaaS dan spesifikasinya Infrastructure as a Service (IaaS) merupakan salah satu jenis layanan komputasi awan yang mana seseorang bisa mendapatkan beberapa sumber daya komputasi, penyimpanan, serta jaringan dalam suatu paket …
  • Arsitektur Cloud
    Teknologi Cloud Computing memiliki peran yang signifikan untuk proses bisnis di era digitalisasi seperti sekarang dan juga masa depan. Teknologi ini menyentuh setiap bagian dari kehidupan kita saat ini, menawarkan banyak keuntungan …