Definisi Cloud Computing Adalah

Pengertian cloud computing atau komputasi awan, cara kerjanya, dan definisi dari Infrastructure as a Service adalah (IaaS), Platform as a Service (PaaS) & Software as a Service (SaaS)

Apa Itu Cloud Computing?

Cloud Computing adalah cara pengunaan sumber daya komputer berdasarkan bisnis model sewa atau bayar sesuai dengan pemakaian, tanpa pengelolaan aktif langsung oleh pengguna. Secara teknologi, Cloud Computing memanfaatkan kumpulan komputer-komputer besar yang terpusat di datacenter dan dioperasikan oleh perusahaan cloud service provider. Sumber daya ini di akses melalui jaringan internet dan dipergunakan untuk menyimpan, mengelola, dan memproses data.

Definisi Cloud computing  atau bila diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia adalah “Komputasi Awan” adalah  gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Cloud computing adalah sebuah konsep pemahaman dalam rangka pembuatan kerangka kerja komputasi secara online lokal (LAN) maupun global (internet) dimana terdapat beragam aplikasi maupun data dan media penyimpanan yang dapat diakses dan digunakan secara berbagi (shared service) dan bersamaan (simultaneous access) oleh para pengguna yang beragam – mulai dari perseorangan sampai kepada kelas pengguna korporasi atau perusahaan.

Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di dalam diagram jaringan komputer. Di mana Cloud Computing adalah abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.

Cloud Computing adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (“di dalam awan”) tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, mengerti apa yang di dalamnya, ataupun memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.

Cloud Computing Service Model

Cloud Computing memiliki 3 tipe Cloud Service Model. Yang mana terdiri dari Infrastructure as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS) dan yang terakhir adalah Software as a Service (SaaS).

  • Infrastructure as a Service, yang dikenal sebagai IaaS adalah layanan Cloud Computing yang memanfaatkan sumber daya komputasi yang terpusat dan berskala besar sehingga memungkinkan bisnis untuk membeli sumber daya komputasi sesuai permintaan dan kebutuhan daripada harus membeli perangkat keras secara langsung. Fitur utama dari IaaS adalah scalable, elastic, reliable and automatic. IaaS sepenuhnya self-service untuk mengakses dan memantau komputer, jaringan, penyimpanan, dan layanan lainnya.
  • Platform as a Service, juga dikenal sebagai PaaS, menyediakan komponen cloud ke perangkat lunak tertentu saat digunakan terutama untuk aplikasi. PaaS memberikan kerangka kerja untuk Developer yang dapat mereka bangun dan gunakan untuk membuat aplikasi yang disesuaikan kebutuhan mereka. Semua server, penyimpanan, dan jaringan dapat dikelola oleh perusahaan atau penyedia pihak ketiga, sementara Developer dapat mengelola manajemen aplikasi.
  • Software as a Service atau SaaS, mewakili pilihan yang paling umum digunakan untuk bisnis di pasar cloud. SaaS menggunakan internet untuk mengirimkan servis aplikasi kepada pengguna, di mana aplikasi ini dikelola oleh vendor pihak ketiga. Mayoritas aplikasi SaaS berjalan langsung melalui browser web Anda, yang berarti aplikasi tersebut tidak memerlukan unduhan atau penginstalan apa pun di sisi klien.

Lalu apakah kelebihan dari Cloud computing ?

Tentu saja setiap teknologi yang baru yang di kembangkan pasti memiliki kelebihan dari yang sebelumnya. dalam kasus ini teknologi lama yaitu server konvensional akan di batasi oleh jumlah core processor, harddisk dan memory. Dengan keterbatasan fisik yang ada , maka  tidak mungkin membebani sebuah server konvensional dengan beban maksimal. Jika resource / sumber daya habis, biasanya kita harus menginstall ulang seluruh aplikasi dan data di server yang kapasitasnya lebih besar dan memigrasi semua aplikasi yang ada ke server yang baru. Ini akan membutuhkan waktu 1-2 hari untuk menyiapkan sebuah server baru, itu pun jika semua proses berjalan dengan baik.

Hal yang menarik dari Cloud Computing di banding dengan server yang konvensional:

  • Secara fisik berupa kumpulan hardware / server yang tersambung dalam sebuah jaringan (LAN / WAN). Tetapi dari sisi pengguna, mereka hanya melihat sebuah komputer besar.
  • Tidak ada batasan kapasitas processor, kapasitas harddisk dan kapasitas memory.
  • Tidak ada batasan berapa jumlah “hosting” server yang berjalan di belakangnya.
  • Menambahkan sebuah “hosting” hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.
  • Jika ada kekurangan resource (sumber daya), baik itu processor, harddisk maupun memory, kita dapat dengan mudah sekali menambahkan server tambahan dan langsung dapat berintegrasi ke jaringan cloud. Butuh waktu sekitar 20 menit-an untuk menyiapkan server kosong / baru untuk dapat berintegrasi ke jaringan cloud.

Bagaimana Cara Kerja Cloud Computing?

Mekanisme akses ke cloud computing “mungkin” dapat dijalankan dengan beragam cara – mulai dari akses standar LAN maupun intranet dengan sedikit aplikasi agen atau klien, sampai kepada akses extranet dan internet melalui browser yang terhubung ke sebuah portal aplikasi dari penyedia layanan cloud computing. Protokol aplikasi yang digunakan pun dapat beragam, tetapi hal ini tidaklah terlalu signifikan bila dilihat dari sisi pengguna akhir , dimana pengguna akhir cukup mengetahui bagaimana cara mengakses dan mempergunakan jasa layanan yang terdapat pada Cloud computing.

Beberapa Contoh Konsep Penerapan Cloud Computing

Cloud computing sebenarnya bukanlah hal yang baru, sebenarnya kita sudah menggunakan konsepnya namun belum berkembang sampai saat ini. Berikut contoh penggunaan konsep pembuatan kerangka kerja komputasi secara online:

  • Sebuah portal internet yang memiliki berbagai fasilitas layanan umum (aplikasi) mulai dari surat elektronik (e-mail), forum diskusi sampai dengan penyimpanan dokumen dengan media penyimpanan yang sangat luas sampai pada mekanisme berbagi dokumen (seperti 4shared, indowebster, mediafire dll), layanan blog dsb. Kesemuanya disediakan dalam sebuah tempat.
  • Layanan Software as a Service atau SaaS dari berbagai vendor teknologi informasi terkemuka – mulai dari layanan pemindaian virus secara online hingga layanan pemindaian spam, dsb.
  • Artikel pada blog ini secara sederhana dapat dikatakan sebagai layanan Cloud computing dimana anda dapat mengakses dan mempergunakan secara bersamaan.
  • Aplikasi Point of Sale atau POS pada kasir pasar swalayan dengan metode Terminal Service juga dapat dikategorikan sebagai dasar.

Cloud computing dapat berkembang disebabkan oleh segi “kemudahan” penggunaan dimana pengguna akhir dengan “cukup relatif” mudah menggunakan media LAN atau Internet melalui browser untuk mengakses dan berkolaborasi secara bersamaan tanpa melalui proses yang “cukup” rumit. 

Cloud Computing tidak harus menggunakan Internet public. Teknologi ini dapat di operasikan di LAN di IntraNet. Cloud Computing di dalam sebuah infrastruktur Internet biasanya disebut public cloud. Cloud Computing di LAN / IntraNet biasanya disebut private cloud.

Cloud Computing dapat menjadi solusi yang sangat tepat untuk mengganti teknologi konvensional , yang tentu saja membutuhkan biaya, tenaga, dan fokus yang lebih. Semua permasalahan tersebut dapat diatasi dengan layanan unggulan kami.

  • Pro-Cons Cloud Computing
    Pro-Cons Cloud Computing Berbagai macam layanan cloud computing yang tersedia saat ini akan mengejutkan bahkan para visioner di Amazon yang menemukan kembali konsep infrastruktur sewaan untuk era internet hampir 15 …
  • Pengertian Multi Tenant Cloud
    Multi Tenant cloud adalah arsitektur cloud computing yang memungkinkan customer dapat berbagi sumber daya komputasi di public atau private cloud. Data masing-masing penyewa terisolasi dan tidak akan terlihat oleh penyewa …
  • Menghitung Ukuran Layanan Cloud
    Sebagian besar perusahaan terkadang tidak cukup memperhatikan pemilihan VM selama penerapan aplikasi di layanan  cloud sehingga dapat menaikkan biaya. Ikuti langkah-langkah ini untuk menentukan ukuran VM yang tepat dan tetap …
  • Pengertian Private Cloud
    Private Cloud adalah salah satu jenis dari Cloud Computing yang memiliki kelebihan hampir sama dengan Public Cloud, yaitu scalability dan self service namun arsitekturnya bersifat pribadi. Tidak seperti Public Cloud …
  • Pengertian Cloud Server
    Pengertian Cloud Server Pengertian Cloud server adalah server komputasi yang di hosting dan diakses oleh pengguna melalui jaringan. Cloud server berfungsi mendukung sistem operasi dan aplikasi yang sama, dan menawarkan …