Modernizing Development Using Microservices

Kubernetes – Datacomm Cloud Business bekerja sama dengan Cloud Ace mengadakan Seminar dengan judul “Modernizing Your Development Using Microservices, Container & Kubernetes” yang dilaksanakan di Grha Datacomm pada tanggal 24 Oktober 2019.

Hadir sebagai pembicara dari Cloud Ace adalah Bapak Rocky Van Schuylenburch selaku Cloud Architect dan Bapak Sutedjo Tjahjadi selaku Managing Director dari Datacomm Cloud Business.

Seminar ini mengangkat tema mengenai Microservices dengan memberikan pemahaman yang sederhana mengenai teknologi container. Menerangkan mengenai benefit dari teknologi container bagi bisnis dan memahami alasan utama Anda menggunakannya. Serta langkah-langkah sederhana untuk memindahkan aplikasi Anda menuju arsitektur  container.

Acara yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB pagi ini dibuka oleh MC dan dilanjutkan materi inti oleh Bapak Rocky dari Cloud Ace. Dijelaskan oleh narasumber bahwa Enterprise IT makin hari semakin kompleks ditandai dengan makin banyaknya tim yang terlibat dalam suatu project, namun disisi lain dibutuhkan agilitas dan kecepatan dalam bisnis.

Dalam konteks kebutuhan itulah teknologi container hadir dengan memberikan kelebihan diantaranya ringan karena menjadi satu kesatuan aplikasi, kemudian portable karena didalam satu container sudah tersedia semua seperti library dan config, selain itu juga akan meningkatkan produktivitas dan secure karena terpisah satu dengan yang lain.

Anda dapat memanfaatkan teknologi baru untuk mempercepat pengembangan aplikasi dan inovasi bisnis. namun, masih banyak perusahaan yang tidak ingin membuang dan menggantikan aplikasi yang sudah ada. Salah satu solusi dari masalah ini adalah dengan menggunakan arsitektur microservices.

Acara ditutup oleh presentasi Bapak Sutedjo Tjahjadi selaku Managing Director Datacomm Cloud Business.

Datacomm sebagai penyedia layanan cloud terkemuka di Indonesia juga mengembangkan teknologi container. Solusi container kami dilengkapi dengan alat pengembangan aplikasi dan otomasi untuk membantu Anda dalam proses Anda menuju microservices. Solusi kami memanfaatkan produk open source sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang vendor lock-in. Selain itu, solusi kami hadir dengan berbagai middleware dan software untuk memperkaya proses pengembangan Anda.

Untuk mengakses presentasi dari pak Rocky Van Schuylenburch bisa dilihat dibawah ini

  • OPENSHIFT VS CLOUD FOUNDRY
    Kebingungan dalam menentukan platform yang tepat untuk container? Saat ini terdapat OpenShift dan Cloud Foundry yang memiliki dasar yang sama dengan platform PaaS. OpenShift merupakan sistem yang dikembangkan oleh redhart, sedangkan …
  • Deploying ABAP In Kubernetes
    Blog ini akan menjabarkan mengenai pengalaman dan riset dalam melakukan POC di SAPLinuxLab dengan menerapkan metode container. Aplikasi SAP yang digunakan tersebut diinstall pada Kubernetes. Pada bagian pertama ini akan …
  • Microservices Pekan Industri 4.0
    Selain memfokuskan diri sebagai perusahaan yang berorientasi pada profit, Datacomm Cloud Business juga turut ambil bagian untuk membantu mencerdaskan bangsa pada bidang cloud computing. Oleh karena itu, Sutedjo Tjahjadi, Managing …
  • Container Docker CE di CentOS 7
  • Microservices With IBM Cloud Private
    Setelah pelaksanaan workshop “Creating Microservices Application With IBM Cloud Private (ICP)” pada tanggal 7 Agustus 2019 lalu, banyak input dan masukan untuk mengadakan kembali workshop bagi peserta yang berhalangan datang …