Seberapa Amankah Infrastruktur SAP on Cloud ?

Keamanan data di cloud adalah topik yang dipandang kritis oleh banyak perusahaan. Namun standar untuk keamanan infrastruktur SAP on Cloud sendiri sangat tinggi.

Bagi banyak perusahaan, ini adalah langkah besar bagi mereka yang ragu-ragu mengambil langkah untuk pindah ke cloud. Setelah peralihan tersebut, data perusahaan dan perangkat lunak ERP tidak lagi ditempatkan secara eksklusif di server datacenter perusahaan sendiri, baik secara keseluruhan maupun sebagian.

Sebaliknya, data sensitif tersebut berada di suatu tempat di cloud SAP. Tapi di mana tepatnya “suatu tempat” ini? Siapa yang memiliki akses ke data dan aplikasi? Dan seberapa amankah datacenter SAP serta struktur jaringan cloud?

Dengan demikian topik SAP Cloud Security melibatkan beberapa dimensi: 1) Lokasi datacenter SAP dan keamanan fisik dari data dan aplikasi di datacenter; 2) Perlindungan jaringan dan system; 3) Compliance dan proteksi data; 4) Recovery dan backup atau bahkan transfer data yang aman.

 

IT Anda sendiri: rentan terhadap akses yang tidak sah!

Solusi on-premise tampaknya masih lebih aman bagi banyak perusahaan daripada solusi cloud. Hampir tidak ada perusahaan saat ini yang dapat mengamankan infrastrukturnya dan datanya sendiri dengan cara yang sama atau mengoperasikan keamanan infrastruktur nya dengan biaya yang sangat efektif sehingga solusi on-premise masih akan lebih murah daripada cloud SAP.

Lagi pula, dalam hal keamanan, membangun dan menyiapkan infrastruktur saja tidak cukup. Perusahaan juga harus memperhitungkan biaya maintenance, langkah-langkah keamanan dan modernisasi sistem. Mengingat ancaman yang berkembang, biayanya sangat besar.

Di sinilah nilai cloud: SAP S/4HANA Cloud saat ini memenuhi standar industri yang paling ketat dalam hal keamanan. Dalam banyak kasus, levelnya mungkin jauh lebih tinggi daripada datacenter perusahaan itu sendiri.

Selain itu, banyak solusi SAP misalnya di bidang analitik, integrasi atau berkaitan dengan teknologi baru seperti Artificial Intelligence, tersedia melalui SAP Business Technology Platform dan dengan demikian tersedia sebagai solusi berbasis cloud.

Setiap perusahaan yang memperluas solusi on-premise yang di operasikan di datacenter nya sendiri dengan bantuan SAP Business Technology Platform harus juga menangani keamanan cloud dan keamanan SAP Business Technology Platform pada saat yang bersamaan.

 

Keamanan jaringan diamankan berkali-kali lipat

Keamanan jaringan juga memainkan peran penting dalam hal Keamanan infrastuktur Cloud SAP, Keamanan Platform Teknologi Bisnis SAP, dan perlindungan data. Jaringan SAP sangat dilindungi sehingga penyusup tidak dapat memperoleh akses yang tidak sah.

Data dan perangkat lunak di cloud dikelilingi oleh beberapa “lapisan” kontrol akses, monitoring, dan firewall yang selalu aktif. Tingkat perlindungan setinggi mungkin – misalnya terhadap akses ilegal – disediakan di sini di SAP oleh, antara lain:

  • Web Dispatcher; yang menyembunyikan jaringan dari dunia luar,
  • Multi-factor Authentications; prosedur multi-level untuk mengidentifikasi pengguna,
  • Intrusion Detection System; yang terus-menerus memindai jaringan dari serangan dan akses yang melanggar hukum,
  • Multiple Internet Connections; yang meminimalkan dampak serangan jaringan yang terdistribusi,
  • Proxy servers with content filtering; komputer perantara digunakan sebagai komunikasi interfaces,

Untuk lalu lintas datanya sendiri, SAP mengandalkan teknologi enkripsi HTTPS. Komponen standar browser web untuk mencegah orang yang tidak berwenang mencegat lalu lintas jaringan.

Pengoperasian SAP S/4HANA Cloud yang sedang berlangsung juga diamankan dan dipantau secara permanen, misalnya melalui perlindungan virus dan manajemen malware yang sesuai.

Langkah-langkah keamanan SAP juga mencakup manajemen ancaman dan kerentanan yang komprehensif. Ini termasuk, misalnya, patch management atau pemindaian systems for vulnerabilities secara otomatis.

 

Keuntungan menggunakan infrastruktur SAP di cloud

Melakukan migrasi system SAP ke insfrastuktur cloud merupakan langkah bijak untuk modal masa depan. Skalabilitas, kelincahan dan tidak perlu biaya besar menjadi alasan utama insfratruktur cloud merupakan pilihan terbaik.

Berikut beberapa keuntungan yang didapat menggunakan SAP on Cloud :

  • Extensibility; mengintegrasikan aplikasi dalam waktu yang singkat
  • Speed of Innovation; Pengembangan aplikasi bisnis yang lebih mudah
  • Scalability; memudahkan perusahaan dalam membuat inovasi bisnis
  • Cost savings; hemat biaya dibanding dengan mengurus datacenter SAP secara on-premise
  • Security; dengan keamanan pada infratruktur cloud membuatnya lebih mudah dalam menetralisir ancaman dari serangan ke sistem bisnis serta dapat memperbaiki celah yang dapat menyebabkan kerusakan keamanan.

Datacomm Cloud Business merupakan cloud provider yang dapat menyediakan infrastruktur Cloud untuk SAP. Didukung dengan tim yang handal datacenter telah tersertifikasi secara internasional dan senantiasa berkomitmen untuk mendukung aplikasi SAP Anda agar dapat berjalan sesuai dengan yang Anda inginkan. Dapatkan informasi mengenai SAP on Datacomm Cloud di sini.

 

Source: Gambit.de