
Datacomm Cloud Business menghadirkan layanan email cloud (Surat Elektronik) yang dapat membantu perusahaan Anda dari beragam ancaman email.
Pada bulan Oktober 2016, Datacomm Cloud Business tepat berumur satu tahun. Dan dalam rangka merayakan ulang tahun kami yang pertama, saya secara personal mereview setiap jasa layanan Cloud kami. Pertanyaan besar yang ada di kepala saya adalah diantara seluruh layanan yang kami sediakan, layanan manakah yang memberikan benefit yang paling banyak kepada customer kami ? Ini bukanlah pertanyaan yang sederhana, namun setelah berfikir selama beberapa hari, saya menyimpulkan bahwa layanan cloud email adalah layanan yang memberikan benefit terbanyak kepada customer.
Banyak orang di industry IT akan setuju dengan saya bahwa layanan email adalah layanan yang paling umum dan aplikasi IT yang paling dipahami, namun banyak orang lupa betapa pentingnya komunikasi email cloud dalam konteks bisnis. Saya berfikir, email cloud adalah contoh yang paling nyata untuk mengetahui reputasi suatu perusahaan di dunia maya. Suatu perusahaan tanpa menggunakan nama domain dari perusahaannya sebagai alamat email (cth : john.doe@company.com) akan dianggap sebagai organisasi / perusahaan dengan reputasi yang buruk. Dalam pandangan saya, sebuah perusahaan yang menggunakan email domain seperti @yahoo.com, @gmail.com, atau @hotmail.com berpotensi kehilangan kredibilitas dalam jaringan bisnis mereka. Apalagi sebagian besar perusahaan atau organisasi kurang memahami “real cost” dalam menjalankan sistem email.
Me-manage sistem email untuk bisa bejalan dengan baik dengan standar enterprise merupakan hal yang sangat kompleks. Itulah mengapa saya berfikir bahwa layanan email cloud memberikan keuntungan yang signifikan bagi pasar. Inilah beberapa alasan mengapa saya berpendapat demikian:
Dapatkan Produk Email Hosting Indonesia yang Terbebas dari Ancaman Email kunjungi “Layanan Email Enterprise Hosting Indonesia“
1.) Mempertahankan ketersediaan layanan – SLA 99.9 % adalah tugas yang besar
Tidak ada seorangpun yang mendapat penghargaan ketika menjalankan sistem email dengan benar, namun jika sistem email tersebut “down”, semua orang akan segera melakukan complain. Semua orang pasti mengharapkan sistem email berjalan dengan lancar setiap waktu. SLA 99.9% berarti hanya boleh downtime 43 menit dalam satu bulan. Mempertahankan SLA 99.9% membutuhkan kekuatan dan ketahanan sistem, sumber daya manusia yang berpengetahuan luas dan proses maintenance yang solid.
2.) Kurang pemahaman atau meremehkan kompleksitas dari sistem email
Konfigurasi email terdiri dari beberapa layanan untuk memberikan setingan tertentu untuk setiap fungsi. Masing-masing sub sistem perlu untuk disetel dan dikonfigurasi untuk mencapai kinerja yang optimal. Berdasarkan hal di atas, sistem e-mail dapat menjadi sangat kompleks, sulit untuk set-up dan di maintain.
Hampir semua sistem email harus terdiri dari beberapa elemen jaringan seperti :
– Mail Transfer Agent Server
– Mailbox Server
– Proxy Server
– LDAP & DNS Server
– Mail Security Server
– Security Devices
– Network Devices
3.) Ancaman Email (spam, malware, virus)
Bahkan jika sebagian besar dari komunikasi email yang digunakan untuk komunikasi internal, email sistem masih harus terhubung ke dunia luar. Dengan demikian, sistem email dapat segera terkena ancaman Keamanan. Pengelolaan yang tidak tepat dari sistem email rentan terhadap isu spam ketika proses mengirim dan menerima. Virus dan malware dapat berpotensi terjadi pada komunikasi email untuk masuk ke sistem IT perusahaan. Perlindungan cyber dan pemantauan haruslah bekerja 24-7, karena penyusup dapat masuk dengan tanpa mengenal batas dan waktu, menempel sendiri ke dalam sistem anda kapan saja dari mana saja di seluruh dunia.
Seorang hacker tidak perlu mendapatkan akses ke administrator atau root login untuk menghasilkan serangan besar-besaran yang akan merusak reputasi alamat IP perusahaan, yang pada akhirnya memblokir semua pesan email perusahaan di dunia maya. Hanya memerlukan satu akun email untuk dieksploitasi dan menghasilkan konsekuensi bencana bagi anda.
Sayangnya, masalah ini sangat umum, dan akan memberikan dampak yang sangat parah pada komunikasi bisnis dan operasi, dalam hal ini membutuhkan waktu beberapa hari untuk dapat memulihkan sistem kembali.
4.) Dukungan dan Struktur Eskalasi – 24 -7
Bisnis memang tidak dapat dibuka 24-7 tapi kita tidak bisa menghentikan orang dari mengirim email setelah jam kantor. Seperti disebutkan di atas, kompleksitas sistem email dan keharusan untuk tetap online 24-7 membutuhkan keahlian yang mumpuni dari tim teknis. Untuk mendukung sistem email secara efektif, maka tim IT harus memiliki skill set yang multi-disiplin, mulai dari server, jaringan, sistem operasi, keamanan, virtualisasi dan tenaga ahli di bidang aplikasi email
Meskipun sebagian besar orang-orang menggunakan email setiap hari, sangat mudah untuk mengabaikan fakta bahwa email adalah sistem yang kompleks dan bisa saja menjadi sulit untuk memecahkan masalah. Misalnya, jika anda mengirim pesan dan pesan tersebut tidak diterima, bagaimana anda menyelesaikan masalah tersebut ? Masalah ini bisa disebabkan oleh kesalahan konfigurasi di salah satu dari banyak komponen server e-mail, seperti setelan spam filter keluar yang kurang pas, atau oleh masalah eksternal, seperti blacklist.
5.) Privasi Pesan – Bagaimana kita menghadapi hal ini ?
Teknologi enkripsi pesan semakin matang, dan meskipun sertifikat keamanan SSL dapat diimpelentasikan, bagaimana kita dapat memastikan bahwa sistem administrator tidak akan mencungkil sistem dan mengakses informasi sensitif ? Tantangan-tantangan ini dapat diminimalkan dengan desain yang baik dan teknologi tetapi pada akhirnya tetap harus dikombinasikan dengan pendidikan dari orang-orang dan proses tata kelola yang baik. Perusahaan harus berinvestasi dalam audit reguler untuk memenuhi dengan Standar Internasional. Pengujian penetrasi CyberSecurity reguler perlu untuk dilakukan karena hal itu penting untuk mencapai standar ISO 27001. Operasi standar IT yang optimal dapat mengikuti ITIL framework. ISO 20000 berfungsi sebagai standar dan acuan di IT Service Management.
6.) ROI email cloud sangat menjanjikan
Setelah memahami tantangan-tantangan di atas dan mengkalkulasi biaya untuk membangun suatu sistem yang cocok untuk menghadapinya, akan menjadi sangat jelas bahwa ROI untuk email berabasis cloud adalah yang paling mudah dan solusi yang paling masuk akal.
Cloudciti Enterprise Email Service adalah layanan email berbasis cloud yang dikelola oleh Datacomm Cloud Business.
Dijamin ketersediaannya hingga 99.9% dengan service credit. Dilengkapi dengan Enterprise Mail Security, menjadikan inbox Anda bersih dari email spam, scam, spoof, virus, phising. Selain itu reputasi email Anda senantiasa baik. Sehingga komunikasi bisnis Anda senantiasa terjaga.
Datacomm Cloud Business adalah unit usaha dari PT Datacomm Diangraha yang berfokus pada industri cloud computing.
- Tips Menghindari Penipuan EmailPenipuan email adalah serangan sederhana yang mengacaukan beberapa perusahaan besar di dunia. Serangan penipuan melalui email biasanya menargetkan CFO atau orang-orang di departemen sumber daya manusia, keuangan, atau gaji anda. …
- Ancaman Email PhishingEmail Phishing adalah salah satu jenis ancaman email yang bekerja dengan cara mengirikan email ke korban seolah-olah menjadi otoritas perusahaan. Phishing telah berusia lebih dari 20 tahun, tetapi masih mewakili …
- Dampak Penggunaan Email Gratis dan Ancaman EmailKomunikasi adalah hal yang paling sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Dampak negatif email gratis sangat banyak di era ini, demikian juga di dalam bisnis, komunikasi merupakan sumber kehidupan di …
- Customer Gathering in 2018Sebagai bentuk rasa terimakasih kepada para customer Datacomm Cloud Business, pada tanggal 17 April 2018 kemarin bertempat di Le Gran Café, Hotel Gran Mahakam kami mengadakan Customer Gathering. Acara juga …
- Ancaman Kejahatan Email Serta PencegahannyaDapatkan Email perusahaan yang aman untuk bisnis dan dapat meminimalisir ancaman-ancaman kejahatan seperti Spamming, Scamming, Phishing, Malware Propagation, Spoofing. Ancaman Kejahatan Email – Penggunaan email perusahaan pada umumnya bertujuan untuk: …