Manfaat dan Solusi Mobile Device Management

Mobile Device Management atau biasa disebut MDM adalah salah satu solusi dari Enterprise Mobility Management (EMM) yang berfungsi untuk mengelola, memonitor, menintegrasikan dan mendukung perangkat mobile (smartphone, komputer tablet, perangkat POS, laptop ataupun komputer desktop/PC) baik Corporate Owned, Business Only (COBO) ataupun Bring Your Own Device (BYOD) yang mencakup pada pendistibusian aplikasi dan konfigurasi administrasi pada perangkat tersebut.

Baca juga “Pengertian IaaS”. ketahui keuntungan dan kelebihan IaaS.

Fungsi dari Mobile Device Management (MDM) yaitu menambahkan lapisan keamanan dan memastikan cara untuk memantau aktifitas pada suatu pernagkat. Adapun beberapa fitur Mobile Device Management (MDM) seperti device encryption, platform specific policies, SD Card encryption. Geo-location tracking, connectivity profiles (VPN, Wi-Fi, Bluetooth), remote wipe dan beberapa fitur lainnya yang merupakan bagian dari solusi MDM.

Case 1

Suatu perusahaan memberikan perangakat inventaris kepada para karyawannya berupa (smartphone, komputer tablet, atau laptop). Dimana dalam hal ini perusahaan tersebut mengalami beberapa masalahnya diantaranya:

  1. Perusahaan sulit untuk memanage perangkat inventaris yang diberikan kepada karyawannya.
  2. Jika salah satu karyawan resign atau perangkat tersebut hilang atau dicuri, perusahaan merasa kesulitan untuk mencari perangkat dan melindungi data perusahaan seperti kontak, cache email, catatan penting, dokumen sensitif dan foto bahkan konektifitas langsung / virtual private network (VPN) pada aplikasi internal perusahaan dan serangan terhadap jaringan internal perusahaan yang ada pada perangkat tersebut.
  3. Perusahaan merasa sangat sulit sekali untuk melakukan push beberapa kebijakan prosedur keamanan (policy) pada perangkat yang diberikan ke perusahaan.

Baca juga “Memulihkan Bisnis Dari Ransomware “. ketahui cara dan penerapannya.

Case 2

Suatu toko retail (minimarket) mempunyai perangkat KIOSK system yang berbasis android dimana fungsinya itu sebagai layanan self-service, pembelian tiket, top-up pulsa, dll. Pada perangakat tersebut belum menggunakan layanan MDM akibatnya perangkat tersebut tidak optimal dalam hal fungsionalitasnya diantara:

  1. Seseorang dapat melakukan perubahan settingan terhadap konfigurasi perangkat.
  2. Seseorang dapat mengaktifkan fitur tethering sehingga pihak toko retail (minimarket) mengalami over kouta internet.
  3. Seseorang dapat melakukan installasi aplikasi lain selain aplikasi yang diperuntukan untuk KIOSK system.
  4. Dan parahnya seseorang dapat melakukan perubahan atau pencuian data dari aplikasi yang ada pada perangkat tersebut.

Baca juga “Pengertian SAP – Manfaat SAP”. ketahui manfaatnya untuk perusahaan.

Dengan adanya solusi Mobile Device Management (MDM) dari Enterprise Mobility Management (EMM) ini perusahaan tidak perlu khawatir lagi terhadap beberapa kemungkinan kerentanan terhadap perangkat dan data perusahaan yang berada pada perangkat mobile tersebut.

Adapun manfaat penggunaan solusi Mobile Device Management (MDM) bagi perusahaan yaitu:

  1. Segi Management Keamanan: Data perusahaan yang berada pada perangkat mobile baik itu COBO atau BYOD dapat dihapus dan di wipe secara remote, ketika perangkat tersebut dicuri atau hilang.
  2. Segi Management Kebijakan: dapat mendistribusikan mengenai regulasi keamanaan secara otomatis pada perangkat mobile (seperti: mematikan kamera, menon-aktifkan sd-card, dilarang mengambil screenshoot, memberikan kata sandi khusus, dll) yang bertujuan untuk mengamankan data perusahaan.
  3. Segi Pendistribusian Aplikasi: memungkinkan perusahaan untuk mendistribusikan aplikasi apa saja yg di perlukan atau diperbolehkan tanpa proses instalasi aplikasi secara satu persatu.
  4. Segi Management Inventori: Perusahaan dapat mengumpulkan data aplikasi dan perangkat mobile secara teratur serta melacak keberadaan perangkat tersebut.

Datacomm Cloud Business sebagai salah satu service provider mempunyai salah satu produk Sentriciti dari datacomm, yaitu Enterprise Mobility Management (EMM) dimana akan memberikan layanan perlindungan pada data perusahaan dan perangkat mobile yang komprehensif terhadap pencurian ataupun serangan.

Untuk informasi lebih detail mengenai service Firewall atau security device management kami, silahkan hubungi sales@datacommcloud.co.id

  • Apa itu Revolusi Industri 5.0 dan Siapkah Indonesia Menghadapinya?
    Perkembangan teknologi digital yang semakin canggih pada masa kini mendorong kehadiran revolusi industri 5.0 menjadi semakin cepat. Perlu diketahui salah satu pemicu munculnya industri era ini disebabkan oleh kehadiran teknologi …
  • Pentingnya Penggunaan Layanan Cloud untuk UMKM
    Saat ini, layanan cloud menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan bagi UMKM. Perkembangan dunia usaha yang semakin pesat membuat Anda, para pelaku UMKM juga harus semakin cerdas dalam menyusun strategi …
  • Metaverse dan Web 3.0 di Indonesia
    Metaverse dan Web 3.0 saat ini tengah berkembang di Indonesia. Tidak dapat kita pungkiri bahwa perkembangan teknologi berjalan dengan sangat cepat. Beberapa tahun kebelakang, kita sempat dihebohkan oleh kehadiran bitcoin …
  • Mengenal Pay As You Go dalam Layanan Cloud
    Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan sistem pembayaran pay as you go (PAYG), salah satunya adalah penyedia layanan cloud. Layanan yang disediakan oleh perusahaan penyedia cloud computing dengan metode …
  • Datacomm Raih VMware Cloud Verified
    “Ini menjadi bukti bahwa Datacomm mampu memberikan layanan infrastruktur yang robust, transparent, dan reliable.” ungkap Robert Kayatoe, Cloud Sales Leader VMware Cloud Provider Program (VCPP) Di era digital ini, banyak …