Perbedaan Microsoft 365 dan Office

Bedanya Microsoft 365 Vs Office 2019?

Microsoft Office, bagi yang belum mengetahuinya, digunakan oleh beberapa bisnis dan organisasi untuk mendukung kegiatan operasional mereka sehari-hari. Microsoft Office sekarang mungkin menjadi syarat utama untuk memasuki sebuah perusahaan.

Versi terbaru Microsoft Office saat ini adalah 2019, juga dikenal sebagai Microsoft Office Versi 17, yang telah dikenal sejak tahun 2018. Berbeda dengan Microsoft Office 2019, Anda juga harus mengetahui Microsoft 365 dan beberapa produk Office 2019 di dalamnya. Microsoft Office 365 adalah layanan langganan bulanan yang memberikan dukungan dan pertumbuhan berkelanjutan selama masa pengunaan langganan Anda. Office 2019 adalah pembelian satu kali. Meskipun Anda akan menerima pembaruan keamanan Microsoft, itu tidak akan mengubah perangkat, sistem, atau fungsionalitas tambahan.

Ada berbagai jenis dari Microsoft Office, dari pengguna rumahan yang dapat membeli Office Home & Student 2019 yang mencakup Excel, PowerPoint, dan Word hingga pengguna bisnis yang dapat membeli Office 365 Bisnis Premium yang mencakup:

  • Excel,
  • PowerPoint,
  • Word plus Access (untuk PC),
  • OneNote,
  • Outlook,
  • Publisher (untuk PC),
  • OneDrive, di antara alat kolaborasi lainnya.

Microsoft Office 2019

Microsoft Office 2019 ditawarkan sebagai pembelian satu kali, yang berarti bahwa untuk mendapatkan Office di satu komputer, Anda harus membayar satu biaya di toko. Terdapat opsi pembelian tunggal untuk PC dan Mac. Namun, tidak ada opsi untuk perbaikan, artinya jika Anda ingin menaikkan tarif ke level berikutnya, Anda harus membelinya dengan harga penuh.

Selain itu, juga ada istilah Office Online adalah versi gratis dari program yang dapat Anda gunakan di browser web Anda. Anda hanya perlu mendaftar akun Microsoft dengan alamat email baru atau yang sudah ada.

Pada bulan September 2018, Microsoft mengumumkan bahwa Microsoft Office 2019 tersedia untuk Windows dan Mac di situs web resmi perusahaan, www.microsoft.com. Versi lokal Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Project, Visio, Access, dan Publisher juga disebut Office 2019.

Office 2019 menyediakan fitur dan pembaruan baru untuk aplikasi lokal bagi pengguna dan profesional TI. Menurut Saluran Layanan Jangka Panjang Windows (LTSC), Office 2019 menawarkan berbagai fitur penyempurnaan yang berguna bagi pengguna yang tidak dapat terhubung ke cloud atau mendapatkan pembaruan rutin.

Office 2019 menambahkan fungsionalitas ke setiap aplikasi untuk membantu pengguna membuat konten yang menarik dengan cepat. Di PowerPoint 2019, Anda dapat membuat presentasi sinematik menggunakan fitur baru seperti Zoom dan Morf. Fitur penintaan built-in yang ditemukan di semua aplikasi Windows, seperti sensitivitas dan refraksi tekanan yang dapat dimengerti, memungkinkan Anda membuat dokumen dengan cara yang sudah dikenal.

Office 2019 juga menawarkan manfaat IT baru untuk administrasi yang lebih efisien dan manajemen yang dapat dibeli. Berbeda dengan Office 2013, Microsoft memperkenalkan Klik-untuk-Menjalankan (C2R), teknologi penyebaran kontemporer yang saat ini digunakan untuk menginstal dan memperbarui Office di lebih dari seratus ribu perangkat di seluruh dunia.

Dengan Office 2019, Microsoft mengganti versi Office lokal untuk C2R guna menghemat biaya dan meningkatkan keamanan. Manfaat C2R memperluas keamanan bulanan yang dapat diprediksi, aplikasi terkini pada saat penginstalan, penghematan penggunaan jaringan melalui optimasi unduhan Windows 10, serta jalur pemutakhiran dengan mudah ditolak ke Office.

Saat Anda beralih ke Office 2019 dari produk lama berbasis MSI, C2R akan menyediakan alat manajemen yang berfokus pada bisnis seperti Penginstal produk Microsoft (MSI) dan akan mengurangi pemutakhiran di tempat.

Harus dinyatakan bahwa Office 365 bukan versi Office 2019, dan sebaliknya; Office 2019 bukan versi Office 365 yang lebih lama. Namun, perlu diperhatikan bahwa Office 2019 tidak mendukung lintas perangkat; alih-alih, satu lisensi hanya berlaku untuk satu perangkat, khususnya versi kantor. Office 2019 adalah versi terbaru dari Microsoft Office, yang telah ada sejak tahun 2000, 2002, dan hingga 2016. Jika Office 365 beroperasi dengan operasi bisnis rutin, Office 2019 tidak kompatibel. Anda hanya perlu menyelesaikan satu siklus pembelian untuk dapat menggunakan Microsoft Office 2019.

Namun, tidak semua pembaruan untuk Office 2019 ditawarkan secara gratis. Karena terkadang akan ada pembaruan yang signifikan, Office 2019 akan memerlukan biaya untuk membeli fitur tersebut di atas. Membeli Office 365 sangat disarankan jika Anda sering bekerja dan berinteraksi dengan desktop dan perangkat seluler (tablet). Karena itu, fitur multi-platform dari fitur unggulannya ini akan mempermudah pekerjaan keempat karyawan tersebut.

Sayangnya produk ini memiliki banderol yang sangat tinggi bila digunakan dalam jangka panjang

Harga Office 365 berkisar dari Rp 879 per orang per tahun untuk satu orang hingga Rp 1,19 juta untuk enam orang. Office 2019 aman digunakan jika Anda tidak ingin melakukan pemutakhiran secara menyeluruh. Office Home & Student 2019 dibandingkan dengan harga Rp1.79.000.000 untuk penggunaan sehari-hari.

Microsoft 365
Source: Microsoft.com

Microsoft Office 365

Microsoft 365 adalah opsi layanan tersedia bagi pengguna. Ada beberapa opsi untuk layanan ini, termasuk versi Rumah dan Bisnis. Anda dapat memilih alat untuk kebutuhan khusus Anda. Paket dirumah dan bisnis Microsoft 365 juga mencakup aplikasi Office desktop termasuk Word, PowerPoint, dan Excel. Selain itu, Anda akan menerima penyimpanan online ekstra dan fitur yang terhubung ke cloud yang memungkinkan kolaborasi waktu nyata pada file.

Dengan berlangganan, Anda akan dapat fitur baru, koreksi, dan pembaruan untuk keamanan saat ini dalam hubungannya dengan lingkungan yang lebih maju secara teknis tanpa biaya lebih lanjut. Anda dapat memilih untuk membayar paket bulanan atau tahunan, dan paket Microsoft 365 Family yang memungkinkan Anda berbagi paket bahasa dengan hingga enam orang dan menggunakan aplikasi Anda di berbagai PC, Mac, tablet, dan telefon.

Sebagian besar paket Microsoft 365 untuk bisnis, sekolah, dan rumah tangga menyertakan aplikasi desktop yang diinstal secara penuh, tetapi Microsoft juga menawarkan paket dasar yang menyertakan versi online Office, berbagi file, dan email. Anda harus memutuskan mana yang merupakan pilihan terbaik untuk Anda: bisnis kecil, perusahaan, sekolah, atau nirlaba.

Fakta bahwa Microsoft Office 365 adalah versi office yang berbasis cloud dan menawarkan pengalaman Office yang paling produktif dan aman dengan total biaya kepemilikan paling rendah untuk penyebaran dan pengelolaan. Produk Microsoft saat ini ditujukan bagi mereka yang siap menggunakan cloud, dibandingkan dengan mereka yang belum siap untuk terus menggunakan Microsoft Office 2019.

Pada tahun 2017, Microsoft Office 365 mulai berfungsi sebagai lisensi untuk bisnis, termasuk Windows, Office, Mobility, dan Business Management (EMS). Ini menegaskan kembali visi Microsoft untuk kompetensi inti masa depan: serangkaian aplikasi dan layanan terintegrasi yang membuat kecerdasan buatan (AI) dan inovasi mutakhir lainnya tersedia untuk Anda.

Perbedaan Microsoft 365 dan Office 2019

Di atas sudah disebutkan bahwa Office 2019 ditujukan untuk pengguna yang belum siap untuk bermigrasi ke cloud karena perbedaan di antara keduanya. Lalu, apa perbedaan lebih lanjut antara Microsoft 365 dan ini?

  • Biaya– Office 2019 adalah pembelian satu kali atau langganan bulanan, tidak seperti Microsoft 365, di mana Anda harus membayar biaya per bulan atau per tahun jika menginginkan versi yang lebih mahal.
  • Aplikasi Office– Di Office 2019, Anda dapat memiliki aplikasi Office seperti Excel, Word, dan PowerPoint, tetapi di Microsoft 365, semuanya dapat terintegrasi dengan Outlook. Anda akan selalu memiliki fitur baru, perangkat keras yang belum dirilis, pemeliharaan preventif, dan perbaikan bug saat ini. Selain itu, pengguna PC mendapatkan Access dan Publisher.
  • Pembaruan Fitur– Di Office 2019, keamanan masih ada, tetapi Anda tidak akan mendapatkan fitur baru. Pemutakhiran ke rilis utama tidak disertakan. Berbeda dengan ini, versi Office Anda akan selalu diperbarui dengan Microsoft 365. Anda akan menerima semua fitur dan pembaruan terkini, serta perbaikan bug dan pembaruan baru untuk rangkaian fitur keamanan.
  • Fleksibilitas – Di Office 2019, mode pembelian satu kali dapat diinstal di PC atau Mac. Sebaliknya, dengan Microsoft 365, Anda dapat menginstalnya di semua perangkat Anda dan memindahkan hingga 5 perangkat secara bersamaan. Office dapat digunakan di mana saja, kapan saja, di perangkat apa pun, termasuk PC, Mac, tablet, dan telepon. Anda juga dapat bertukar bahasa dengan maksimal empat orang lainnya.
  • Fitur Tingkat Lanjut di Tablet dan Telefon– Di Office 2019, Anda dapat mengunduh aplikasi seluler gratis dan mendapatkan fitur pengeditan tanda hubung di tablet atau ponsel dengan 10,1 inci. Namun, dengan Microsoft 365, Anda dapat mengunduh aplikasi seluler secara gratis dan mendapatkan lebih banyak fitur saat beralih ke aplikasi Office di perangkat Anda.
  • Penerbitan Online yang Luar Biasa – Karena Office 2019 adalah produk non-cloud, tidak ada fitur penerbitan online lebih lanjut. Sebaliknya, dengan Microsoft 365, Anda dapat menyimpan file dengan aman di cloud dan mengaksesnya dari mana saja. Pengguna OneDrive dapat menerima 1 TB ruang penyimpanan cloud per pengguna, hingga maksimal 6 pengguna, termasuk pengguna itu sendiri.
  • Lingkungan Teknis – Dukungan teknis atau dukungan langganan dan tagihan awal hanya untuk menginstal Office 2019, tetapi dengan Microsoft 365 Anda dapat menghubungi Microsoft untuk satu berlangganan tanpa biaya untuk bantuan dengan masalah teknis atau untuk mendukung langganan dan tagihan.

Manfaat Microsoft Office 365

Microsoft Office 365 adalah kumpulan aplikasi dan layanan cloud yang dapat digunakan untuk membuat atau mengakses dokumen yang disimpan di berbagai lokasi.

Cukup dengan masuk ke komputer Anda dengan akun Microsoft Office 365 dan mengerjakan file Anda melalui penyimpanan cloud. Memanfaatkan Microsoft Office 365 memberi Anda akses yang sama untuk semua aktivitas terkait pekerjaan, terlepas dari jaringan yang Anda gunakan.

Karena Microsoft Office 365 berjalan di cloud, dokumen dapat disimpan di PC dan kemudian digunakan di ponsel atau tablet nanti. Dengan ini, bahkan saat kemajuan sedang dibuat, perjalanan Anda mungkin menjadi lebih bermanfaat karena Anda dapat terus bekerja.

  • Kolaborasi Lebih Baik
    Di cloud, Anda dapat mengunggah file secara online dengan aman hingga 1 TB per pengguna. Di mana pun Anda bekerja atau saat Anda membutuhkan sesuatu, Anda dapat berbicara dengan orang lain dan memberi mereka dokumentasi.
  • Selalu Up-to-Date
    Pembaruan otomatis adalah fitur yang menawarkan dukungan praktis. Dengan cloud, Anda selalu dapat bekerja dengan versi terbaru dan terbaik Microsoft 365 karena terus diperbarui dan diperbarui secara otomatis. Dengan demikian, tidak akan ada masalah dengan pembaruan perangkat lunak di masa mendatang.
  • Amankan Data
    Kegagalan hard disk, laptop yang tidak berfungsi, atau infeksi malware dan virus tidak diperlukan. Penyimpanan data online di cloud dengan keamanan terbaik. Selain itu, Anda dapat mengakses data di telepon jika jaringan seluler mati atau dicuri.
  • Lebih Produktif Dari Sebelumnya
    Saat tim Anda bekerja dengan versi dokumen yang sama, Anda dapat menyelesaikan proyek dengan lebih cepat. Satu dokumen yang disimpan di OneDrive dapat meningkatkan kualitas data dan menempatkan setiap anggota tim dalam folder yang sama.
  • Konfigurasi dan Manajemen Mudah
    Microsoft Office 365 tidak memerlukan tim IT untuk memeliharanya karena proses install yang sederhana. Microsoft menyediakan dukungan gratis sepanjang waktu untuk menjawab pertanyaan apa pun tentang penyiapan.
  • Tanpa Kesulitan Lisensi
    Microsoft Office 365 mencakup semua lisensi dan dapat digunakan oleh bisnis secara keseluruhan. Setiap orang memiliki versi Microsoft Office 365 yang sama, dan semua pengguna akan menerima pembaruan secara bersamaan.

Hari ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk mulai menggunakan Microsoft Office 365 dengan tim Anda, jika Anda belum melakukannya. Gunakan Office 365 dan gabungkan semua data di satu lokasi. Struktur yang kacau dan saling berhubungan memungkinkan informasi mengalir dengan bebas di antara pengguna. Percayakan keamanan pada data-data yang terdapat dalam Microsoft 365 Anda melalui layanan kami yaitu Backup Microsoft Office 365. Satu backup untuk semua data penting perusahaan Anda! Pelajari lebih lanjut melalui link berikut:  https://datacommcloud.co.id/office-365-backup/

Sumber:

  1. Optimum
  2. Nextren