SAP Adalah & Perbedaan antara R/3 vs ECC vs HANA vs S/4HANA

Memahami SAP ECC vs. HANA vs. S / 4HANA vs. R / 3

SAP ECC, HANA, S / 4HANA, dan R / 3 adalah alat berharga di dunia TI, tetapi mudah membuatnya bingung. Pelajari tentang persamaan dan perbedaan mereka.

Apa perbedaan antara SAP ECC, HANA, S / 4HANA dan R / 3? Bagi pendatang baru di dunia SAP, memahami apa yang dilakukan masing-masing produk ini mungkin tampak membingungkan. Penting untuk mempelajari persamaan dan perbedaan antara alat-alat ini, serta bagaimana mereka hidup berdampingan di lingkungan SAP.

Ketahuilah Bagaimana Cloud Computing dapat menyedikan berbagai service seperti: SAP Server on Cloud Service, SAP Disaster Recovery dan SAP Backup – https://datacommcloud.co.id/sap

Apa itu SAP ECC?

SAP ECC, juga disebut SAP ERP, adalah produk inti ERP dalam SAP Business Suite. Ini mencakup modul yang lebih umum digunakan, seperti keuangan dan sumber daya manusia, yang dibutuhkan organisasi dalam industri apa pun. Ini juga memiliki modul untuk proses yang biasanya digunakan oleh produsen, seperti Perencanaan Produksi, Manajemen Material, dan Pemeliharaan Pabrik. Business Suite melampaui modul dasar ini untuk mendukung fungsi yang lebih khusus atau kompleks seperti manajemen rantai pasokan dan manajemen hubungan pelanggan.

SAP ECC sama sekali bukan satu-satunya produk ERP dari SAP. Sementara SAP mencoba membuat pelanggannya beralih ke ERP generasi berikutnya yaitu S/4HANA, SAP ECC adalah sistem yang telah digunakan banyak orang, karena itu orang-orang lebih familiar dengan SAP ECC dan banyak yang enggan mengambil risiko dengan S/4HANA.

Tetapi mengapa beberapa orang enggan mengambil risiko? Sebagai permulaan, S/4HANA tidak memiliki semua fungsi utama yang sama dengan SAP ECC dan SAP Business Suite. Perbedaan utama antara kedua sistem ini adalah SAP ECC dapat berjalan di Oracle, sedangkan S/4HANA hanya dapat berjalan di HANA.

Karena itu, beberapa perusahaan mungkin harus mengubah cara mereka berbisnis. Beberapa perusahaan telah menggunakan S/4HANA Finance sebagai batu loncatan dalam transisi ini. S/4HANA Finance memungkinkan pengguna untuk mengalihkan proses akuntansi dan keuangan mereka ke S/4HANA dan tetap menggunakan produk SAP lainnya.

Menerangkan Module-Module SAP dan Manfaat SAP untuk Perusahaan – https://datacommcloud.co.id/pengertian-sap-manfaat-sap/

SAP ECC vs. HANA

Sederhananya, SAP ECC adalah sistem ERP dan inti Business Suite, HANA adalah database.

HANA adalah database dalam memori, dirancang untuk menangani transaksi dan analitik pada satu sistem. Awalnya ditujukan untuk data mart dan pergudangan data, tetapi sejak itu berkembang menjadi platform data all-in-one yang mengelola pengembangan analitis, transaksional, dan aplikasi.

SAP ECC secara bersamaan mengintegrasikan informasi digital ke dalam area yang berbeda, namun relevan dari sistem database bisnis. SAP ECC adalah sistem di lokasi, sedangkan pengguna dapat menerapkan HANA di lokasi, di cloud, atau di sistem cloud hybrid.

SAP berencana untuk menghentikan dukungan pemeliharaannya untuk SAP ECC pada tahun 2027, maka dari itu akan mengharuskan pelanggan untuk beralih ke S/4HANA pada tahun 2027. Bagi kebanyakan perusahaan, ini adalah pekerjaan yang mahal dan lama, seringkali berlangsung selama bertahun-tahun.

 

SAP Hana: Sejarah dan Pengertianhttps://datacommcloud.co.id/pengertian-sap-erp-sejarah-sap-hana/

HANA vs. S/4HANA

Singkatnya, S/4HANA adalah sistem ERP dan HANA adalah database yang menjalankannya.

S/4HANA secara khusus ditulis untuk dijalankan di database memori HANA dan tidak dapat dijalankan di database lain. SAP merilis S/4HANA pada tahun 2015 dan pengguna melihatnya sebagai penerus generasi berikutnya dari SAP Business Suite. S/4HANA dirancang untuk memecahkan masalah yang lebih kompleks dan mengelola data dalam jumlah yang lebih besar dari pada pendahulunya, SAP ECC dan R/3. Ini tersedia di on premises dan di cloud.

Meskipun S/4HANA berasal dari HANA, kedua sistem tersebut sangat berbeda. Sebagai permulaan, HANA adalah database dalam memori dan platform pengembangan aplikasi. Berkat infrastruktur database komputasi dalam memori HANA, analis tidak perlu membuang waktu untuk memuat atau menulis kembali data. Pengembang juga dapat membuat dan menjalankan aplikasi yang disesuaikan di atas HANA.

Bagaimana dengan R/3?

R/3 adalah pendahulu dan setara SAP ECC. R/3 menggunakan model klien-server dan memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengambil, menganalisis, dan memproses data perusahaan. Sebaliknya, SAP ECC berjalan di server aplikasi berbasis web. Pengguna juga dapat mengakses database R/3 melalui browser web, memungkinkan pekerjaan diselesaikan di luar lokasi. Beberapa perusahaan masih menjalankan R/3 dan belum pindah ke SAP ECC atau S/4HANA.

Kapan anda memerlukan utk migrasi SAP server anda ke Cloud – https://datacommcloud.co.id/pengaruh-infrastruktur-saat-migrasi-sap-cloud/

R/2, rangkaian aplikasi bisnis berbasis mainframe, mendahului R/3.

Diterjemahkan dari Understand SAP ECC vs. HANA vs. S/4HANA vs. R/3

  • SAP Adalah & Perbedaan antara R/3 vs ECC vs HANA vs S/4HANA
    Memahami SAP ECC vs. HANA vs. S / 4HANA vs. R / 3 SAP ECC, HANA, S / 4HANA, dan R / 3 adalah alat berharga di dunia TI, tetapi …
  • Keuntungan Menggunakan Infrastruktur Cloud bagi SAP User
    Saat ini banyak pengguna yang semakin tertarik menggunakan infrastruktur Cloud dan meninggalkan sistem lama mereka yang masih on premise. Hal ini dikarenakan banyak keuntungan SAP cloud yang diterima oleh pengguna …
  • SAP Disaster Recovery Plan
    Sap Hana Disaster Recovery High Availability SAP Hana disaster recovery high availability adalah istilah luas yang menggambarkan proses pemulihan sistem, jaringan, dan asset penting IT lainnya yang digunakan oleh suati perusahaan …
  • Langkah-Langkah Migrasi SAP on Cloud
    Langkah-Langkah Migrasi SAP on Cloud upgrade Sebelum melakukan migrasi SAP ke Cloud, pengguna diharuskan untuk memperhatikan beberapa hal. Lingkungan SAP terdiri dari banyak sistem produksi dan non-produksi yang berbeda. Akibatnya, …
  • Evolusi dan Implementasi SAP
    Evolusi dan Implementasi SAP Server Konfigurasi SAP  SAP merupakan salah satu software ERP terkemuka dunia yang dikembangkan untuk mendukung suatu organisasi dalam menjalankan kegiatan operasionalnya secara lebih efisien dan efektif. …