SAP FICO

SAP FICO
SAP FICO

System Application and Product in data processing (SAP) merupakan suatu software Enterprise Resource Planning (ERP) yang keberadaannya menjadi sebuah solusi untuk banyak perusahaan dalam hal membantu mereka mencapai efisiensi yang diinginkan. Lebih lanjut, SAP juga mampu mendukung multi-tugas tingkat tinggi untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan. Kemampuan tersebut dikarenakan tersusun dari banyak modul untuk menjalankan semua fungsinya secara otomatis dan terintegrasi.  Berbagai manfaat yang bisa didapatkan perusahaan apabila menggunakan SAP antara lain yaitu mampu menawarkan solusi khusus bagi perusahaan, meningkatkan produktivitas dan efisiensi, memangkas biaya yang tidak diperlukan, melakukan analisis dan pelaporan data, serta mempertahankan operasional perusahaan secara lebih konsisten.

 

Dalam melakukan fungsinya, SAP memiliki beberapa modul yang mampu memberikan kemudahan untuk mengintegrasikan kegiatan operasional perusahaan. Mengintegrasikan sistem dalam suatu perusahaan merupakan suatu hal yang krusial, mengingat kompleksitas dari berbagai divisi yang ada, dapat menjadikan kegiatan operasional lebih efektif dan efisien. Dari beberapa modul yang ada dalam SAP, modul FICO (Financial Accounting dan Controlling) merupakan contoh dari modul SAP yang cukup banyak dan populer digunakan. Kepopulerannya tersebut disebabkan oleh fungsinya yang cukup krusial bagi kegiatan bisnis. Berikut merupakan ulasan lebih lanjut mengenai modul SAP FICO.

 

Pengertian, Fungsi, dan Substansi dari Modul FI

Modul SAP Financial Accounting (FI) merupakan suatu modul yang berisi tentang kegiatan finansial dan akuntansi perusahaan. Modul ini memiliki peranan cukup besar untuk kegiatan operasional bisnis, mengingat keuangan merupakan hal kunci bagi tegaknya suatu perusahaan. Modul ini adalah induk dari berbagai modul yang ada dan nantinya digunakan melakukan segala jenis pencatatan transaksi seperti arus kas, utang dan piutang, dan pada akhirnya akan menghasilkan sebuah laporan keuangan.

 

Beberapa fungsi dari modul SAP FI ini antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai Debit dan Kredit.
  2. Memberikan laporan Balance Sheet.
  3. Memberikan laporan Laba / Rugi atau Profit and Loss.
  4. Memberikan laporan mengenai Asset Depreciation atau Penyusutan Aset.

Untuk menjalankan berbagai fungsinya tersebut, modul SAP FI didukung oleh sub-modul yang menunjang masing-masing dari fungsinya untuk memberikan laporan keuangan yang komprehensif bagi suatu perusahaan. Beberapa sub-modul dari modul SAP FI ini antara lain adalah:

  1. Finance Accounting General Ledger, yang berfungsi untuk memberikan informasi berupa laporan Neraca dan akuntansi Laba Rugi yang diekstraksi berdasarkan akuntansi buku besar. Data yang sudah masuk di sistem SAP langsung diposting ke sistem GL dan SAP CO.
  2. Finance Accounting Accounts Receivable and Payable, sub-modul ini mampu mengelola semua aktivitas transaksi Vendor. Oleh karena itu, Anda dapat membuat program pembayaran untuk memproses pembayaran ke vendor dari waktu ke waktu.
  3. Finance Accounting Asset Accounting, yaitu sub-modul FI yang mampu melakukan pengelolaan semua aktivitas aset organisasi seperti penyusutan, Asuransi, dll.
  4. Finance Accounting Travel Management, merupakan sub-modul yang mampu mengelola semua aktivitas perjalanan bisnis organisasi.

Pengertian, Fungsi, dan Substansi dari Modul CO

Modul CO atau yang biasa disebut sebagai modul SAP controlling, modul ini dapat membantu untuk mengkoordinasikan, melakukan monitoring, dan mengoptimalkan segala bentuk proses dalam suatu organisasi termasuk bisnis. SAP CO ini melibatkan rekaman baik pada faktor konsumsi maupun produksi dan juga mampu menyediakan layanan oleh sebuah organisasi. Modul SAP CO juga mampu melakukan pengelolaan dan konfigurasi master data yang mencakup pusat biaya dan laba, pesanan internal, serta elemen biaya dan area fungsional lainnya. Tujuan utama dari modul SAP ini adalah perencanaan. Ini memungkinkan Anda untuk menentukan varian dengan membandingkan data aktual dengan data yang direncanakan, dengan demikian memungkinkan Anda untuk mengontrol aliran bisnis di organisasi Anda.

 

Beberapa fungsi dari modul SAP CO  ini antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Pengendalian capital investment
  2. Pengendalian aktivitas keuangan perusahaan, memonitor dan merencanakan pembayaran
  3. Pengendalian pendanaan terhadap procurement, pengadaan dan penggunaan dana di setiap area
  4. Pengendalian biaya dan profit berdasarkan semua aktivitas perusahaan

Sama seperti modul SAP FI yang memiliki beberapa sub-modul untuk menunjang fungsinya supaya berjalan secara optimal, pada SAP CO juga memiliki beberapa sub-modul yang antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Overhead Cost Controlling Biaya Overhead, yang memungkinkan Anda untuk merencanakan, mengalokasikan, mengontrol, dan memantau biaya overhead. Sub-modul ini juga memungkinkan bisnis Anda untuk mampu melakukan pelacakan dan pemeriksaan penyebab biaya di area fungsional suatu perusahaan.
  2. Product cost controlling, sub-modul ini dapat digunakan untuk menghitung dan mengevaluasi harga pokok produksi untuk suatu produk.
  3. Profit center-controlling, yaitu sebuah sub-modul yang dapat mengendalikan pusat keuntungan
  4. Cost center Accounting, pada sub-modul ini dapat digunakan untuk menghitung keuntungan dari area tanggung jawab dalam organisasi (misalnya cabang).

Mengingat pentingnya SAP FICO ini dalam suatu organisasi termasuk bisnis, maka dari itu menyebabkan modul ini merupakan suatu jenis modul SAP yang paling banyak digunakan untuk perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Sebagai satu-satunya perusahaan yang bersertifikasi SAP secara infrastruktur dan cloud, Datacomm Cloud Business mampu memberikan kemudahan  serta mengurangi biaya yang dibutuhkan untuk melakukan maintenance pada SAP yang digunakan sehingga perusahaan bisa fokus pada kegiatan bisnis yang dijalankan. Baca selengkapnya di https://datacommcloud.co.id/sap-cloud-migration/

 

Sumber:

  1. Tutorials Point
  2. SAP Online Tutorials
  3. Simpli Learn
  4. Telkom University
  • Mencegah Ransomware pada SAP
    Pada Rabu, 31 Agustus 2022 Datacomm Cloud Business (DCB) sebagai salah satu unit divisi dari PT Datacomm Diangraha kembali menyelenggarakan seminar. Kali ini topik yang dibawakan yaitu mencegah ransomware pada …
  • SAP FICO
    System Application and Product in data processing (SAP) merupakan suatu software Enterprise Resource Planning (ERP) yang keberadaannya menjadi sebuah solusi untuk banyak perusahaan dalam hal membantu mereka mencapai efisiensi yang …
  • Infrastruktur SAP Cloud
    Standar Keamanan Infrastruktur SAP Cloud Keamanan data di cloud adalah topik yang dipandang kritis oleh banyak perusahaan. Namun standar untuk keamanan infrastruktur SAP on Cloud sendiri sangat tinggi. Bagi banyak …
  • SAP ERP for Cybersecurity
    Penggunaan SAP (System Application and Processing) memang terbukti memberikan tingkat efisiensi yang signifikan bagi suatu perusahaan. Sistem ini dapat mempermudah manajemen perusahaan yang memiliki banyak departemen seperti akunting, human resource, …
  • Datacomm Cloud Business Achieves SAP® Certification for Operations Capabilities in Cloud and Infrastructure
    JAKARTA, Datacomm Cloud Business, a business division of PT Datacomm Diangraha, which focuses on cloud services, announced today that it has achieved SAP® certification for operations capabilities in cloud and …