SAP S/4 Hana on Cloud

SAP S/4Hana merupakan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang terintegrasi dan berjalan pada in-memory database. Di mana dengan menggunakan sistem tersebut mampu membuat proses bisnis yang ada didukung dengan automisasi dan kecerdasan buatan. Pada awal tahun 2018 lalu, SAP mengumumkan bahwa perusahaan yang menggunakan ERP SAP harus bermigrasi ke SAP S/4HANA pada akhir tahun 2025. Alasan utamanya ialah kompatibilitas basis data, dimana S/4HANA hanya akan beroperasi pada database SAP HANA, dan begitu juga dengan semua perilisan produk ERP SAP berikutnya. Berdasarkan hal itulah Datacomm Cloud Business (DCB) yang juga didukung oleh Intel mengadakan seminar “Why Build SAP on Cloud” pada hari Kamis, 27 Februari 2020 bertempat di Grha Datacomm untuk memberikan pengetahuan dalam melakukan migrasi sistem SAP ke versi terbaru, yakni S/4Hana.

Hadir sebagai pembicara adalah Sutedjo Tjahjadi, Managing Director Datacomm Cloud Business, Deri Permana, Profesional SAP BASIS, dan Susanto Wijaya, Enterprise Tech. Advisor Intel. Sebagai pembicara awal, Sutedjo menjelaskan secara singkat mengenai sistem ERP SAP, beserta dengan manfaat yang diberikan seperti mampu menurunkan biaya inventory sebesar 20%, mempercepat proses bisnis sampai 50% dan mengurangi biaya TCO sampai 30%. Sutedjo juga menjelaskan mengenai pembagian tanggungjawab antara provider dengan konsumen ketika menjalankan SAP secara on-premise, hosted, dan menjalankan keseluruhan sistem di cloud. Tak luput pula pembahasan mengenai tantangan-tantangan yang akan dihadapi oleh perusahaan yang menjalankan SAP pada data center pribadi mereka.

Pada sesi kedua dilanjutkan oleh Deri Permana, Deri menjelaskan mengenai proses melakukan migrasi dari SAP on-prem ke cloud. Pemaparan materi juga mencakup mengenai tahapan-tahapan migrasi, aktivitas-aktivitas prioritas dalam melakukan migrasi, serta manfaat yang didapatkan ketika seluruh tahapan migrasi ke cloud selesai dilaksanakan. Sesi terakhir dibawakan oleh Susanto Wijaya, menjelaskan mengenai teknologi terbaru dari Intel yang mampu mendukung infrastruktur dalam menjalankan SAP S/4Hana. Dengan teknologi yang ditawarkan oleh Intel, mampu meningkatkan kapasitas memori hingga 13,824 Gb. Sehingga membuat server mampu menjalankan transaksi dalam skala yang besar.

Berikut adalah materi presentasi yang dibawakan oleh para pembicara: