Startup4industry Kemenperin

Indonesia terus berupaya untuk menggenjot implementasi teknologi di sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM), salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui program Startup4industry.

Program startup 4 industry adalah sebuah gerakan transformasi digital industri kecil dan menengah dengan solusi teknologi dari tech startup.

Startup 4 industry menggelar 2 topik kompetisi teknologi yaitu Industrial IOT dan Artificial intelligence- big data analysis.

Acara yang digelar oleh kemenperin ini diikuti oleh puluhan start up yang terbagi menjadi beberapa kategori yaitu Hackindustry meliputi, Integrasi sistem manajemen mutu (ISO 9001:2015) pada modul ERP berbasis Odoo; Pembuatan modular pengontrol suhu,waktu, dan kelembaban untuk mesin TTG; Rancang bangun mesin penggoreng kripik tempe; pembuatan platform clothing line. Comptech meliputi, Industrial IoT untuk IKM; Big Data & Artificial intelligence untuk IKM. Tech link, yang merupakan temu bisnis antara startup & IKM yang sepenuhnya diawasi oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Ditjen IKMA)

Selain itu dilakukan juga pembinaan untuk IKM mulai dari tahapan awal yaitu Initial stage, Tech link – Hackindustry, Enablement stage, Industrial stage, sampai kearah Startup 4 Industry.

Rangkain acara dimulai dari tangal 20 September 2019 untuk submit proposal dan akan ditutup dengan Awarding & Pameran pada tanggal 11-13 Desember 2019.

Bapak Sutedjo Tjahjadi selaku Managing Director Datacomm Cloud Business mewakili Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) ditujuk sebagai salah satu juri dalam sesi Pitching pada tanggal 3 – 5 November 2019. Para peserta dari berbagai kategori mempresentasikan hasil karyanya dihadapan dewan juri yang terdiri dari berbagai elemen industry yang berpengalaman. Diantaranya, Dr.Ir. Harsawardana,M.Eng, Rektor Instiper Yogya; Edi Satriyanto, S.Si., M.Si., Wakil Direktur Bidang kerjasama dan Informasi PENS; Soegiharto Santoso (Hoky), Ketua Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS); David Hermawan, Head of Industry 4.0 Cisco; Boy Wicaksono, Head of IoT Innovation PT. XL Axianta; Budiman Wikarsa, Head of Startup Ecosystem Amazon Web Servcies; dan Agung Terminanto, Komunitas Odoo Indoesia.

Dengan mengikuti program ini membuka banyak peluang bagi startup khususnya untuk memperkenalkan produk mereka ke investor, prospective customer dan perusahaan yang dapat berkolaborasi dalam model ekosistem bisnis yang sesuai. Kompetisi ini juga mampu memberikan solusi Industri dan mencetak startup – startup dalam naungan Kementerian Perindustrian untuk mempersiapkan tantangan masa depan.

  • Hospitality Revolution In Digital Era
    Sutedjo Tjahjadi, Managing Director Datacomm Cloud Business, hadir sebagai narasumber dalam “HUT Hotel Information Technology Association (HITA) Banten” yang pertama yang diadakan di Mercure Hotel Alam Sutra Serpong, Minggu 15 Maret …
  • Microservices Pekan Industri 4.0
    Selain memfokuskan diri sebagai perusahaan yang berorientasi pada profit, Datacomm Cloud Business juga turut ambil bagian untuk membantu mencerdaskan bangsa pada bidang cloud computing. Oleh karena itu, Sutedjo Tjahjadi, Managing …
  • Disaster Recovery Seminar: Be Ready for Disaster and Avoid Downtime
    Sebagai negara yang berada di antara 2 benua dan 2 samudera, Indonesia menjadi salah satu tempat yang strategis dalam arus perdagangan dunia. Selain potensi tersebut, letak Indonesia menjadi alasan mengapa …
  • Cloud Computing dan Consumer Electronics
    Jakarta (17/12) – Sutedjo Tjahjadi, Managing Director Datacomm Cloud Business hadir sebagai pembicara di International Consumer Electronic Expo Indonesia (ICEEI) 2019 mewakili Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI). ICEEI merupakan pameran …
  • Leveraging Cloud Technology
    Dilatarbelakangi banyaknya masalah yang dihadapi untuk melakukan migrasi dari SAP ke Cloud, maka Datacomm Cloud Business  (DCB) didukung oleh Intel dan Acronis menggelar Seminar “Leverage Cloud Technology For a Reliable, …