Virtualisasi Cloud Computing

Virtualisasi Cloud Computing Adalah

Virtualisasi merupakan sebuah proses abstraksi yang mengacu pada proses abstraksi yang berasal dari sumber daya computer, dimana teknik yang dilakukan adalah menyembunyikan karakteristik fisik serta mengubahnya menjadi suatu sistem lain yang berupa aplikasi. Teknik virtualisasi dapat membantu menciptakan ekosistem virtual perangkat penyimpanan dan OS server. Dalam proses virtualisasi, pengguna dapat memisahkan antara sistem operasi dari hardware yang mendasarinya. Proses awal ini dapat dikembangkan selama era mainframe. Ini melibatkan penggunaan software khusus untuk membuat versi sumber daya komputasi yang dibuat secar virtual atau software daripada versi sebenarnya dari sumber daya yang sama.

 

Mengapa Harus Menggunakan Virtualisasi Cloud Computing

Virtualisasi memiliki berbagai manfaat dan keunggulan yang dapat diuraikan melalui penjelasan berikut:

  1. Pengurangan biaya
    Virtualisasi dapat membatasi sumber daya penggunaan hardware bersamaan dengan pemeliharaannya. Sehingga virtualisasi mampu melakukan optimalisasi seluruh lingkungan IT.
  2. Peningkatan waktu aktif
    Dengan banyaknya berbagai fitur canggih yang dimiliki, serta terbatasnya server dalam bentuk fisik, virtualisasi dapat membantu meningkatkan waktu kerja dan keberlangsungan bisnis.
  3. Penyediaan yang lebih cepat
    Sumber daya dan aplikasi yang tersedia oleh virtualisasi jauh lebih cepat daripada infrastruktur fisik dan berkat teknologi ini, server dapat menyediakan kapasitas yang efektif.
  4. Pencadangan yang lebih mudah
    Prosedur pencadangan penuh diberi kemudahan dan snapshot tidak hanya pada server virtual tetapi juga pada mesin virtual.
  5. Ramah Lingkungan
    Sumber daya yang digunakan menunjukkan penghematan energy dan juga lebih sedikit polusi udara yang dapat membantu melindungi planet dan pada saat yang sama membersihkan citra perusahaan.

Jenis-Jenis Virtualisasi

  1. Virtualisasi Aplikasi
    Jenis virtual ini dapat membantu pengguna yang memiliki akses jarak jauh berpindah dari aplikasi ke server. Selanjutnya, suatu server tertentu juga dapat menyimpan semua informasi pribadi serta karakteristik lain dari aplikasi, namun masih dapat berjalan di workstation lokal maupun internet.
  2. Virtualisasi Jaringan
    Jenis virtualisasi ini dapat menjalankan beberapa jaringan virtual dengan masing-masing memiliki control dan paket data yang terpisah. Kedua hal tersebut hidup berdampingan di atas satu jaringan fisik yang sama. Hal ini dapat dikelola oleh masing-masing pihak yang berpotensi rahasia satu sama lain.
  3. Virtualisasi Storage
    Jenis virtualisasi ini dapat memisahkan cara pengguna dan aplikasi memikirkan penyimpanan dari realitas penyimpanan secara fisik yang mendasarinya. Virtualisasi ini melibatkan penyimpanan informasi di sebuah server virtual, bukan di hard drive.
  4. Virtualisasi Server
    Virtualisasi ini merupakan tempat menyimpan sumber daya server yang terjadi. Dalam virtualisasi server, server disik dibagi menjadi beberapa server virtual yang berbeda dengan mengubah nomor identitas, prosesor sehingga setiap sistem dapat mengoperasikan sistem operasinya secara terpisah.
  5. Virtualisasi Desktop
    Virtualisasi desktop memungkinkan OS pengguna disimpan dari jarak jauh di server pusat data. Pengguna juga dapat mengakses desktop mereka secara virtual, dari lokasi manapun dengan mesin yang berbeda. Keunggulan dari virtualisasi desktop adalah mobilitas pengguna, portabilitas, manajemen instalasi perangkat lunak yang mudah, pembaruan, dan tambalan.
  6. Virtualisasi Data
    Jenis virtualisasi ini mengumpulkan data dari berbagai sumber dan diproses di satu tempat tanpa mengetahui lebih lanjut tentang informasi teknis seperti bagaimana data dikumpulkan, disimpan dan kemudian data tersebut dapat ditampilkan dengan virtualisasinya yang dapat dilihat. Jenis virtualisasi ini banyak dipakai oleh perusahaan raksasa besar seperti Oracle, IBM, At scale, Cdata, dll.

Hal ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai jenis tugas seperti:

  • Integrasi data
  • Integrasi bisnis
  • Layanan data arsitektur berorientasi layanan
  • Mencari data organisasi

     

Arsitektur Virtualisasi

Arsitektur virtualisasi adalah model konseptual yang menetapkan pengaturan dan keterkaitan komponen tertentu yang terlibat dalam memberikan versi virtual bukan fisik seperti contohnya sistem operasi (OS), server, perangkat penyimpanan atau sumber daya jaringan. Ini adalah praktik terbaik untuk mengelola sumber daya fisik dan virtual, perangkat jaringan, dan aplikasi secara holistik dari satu titik kontrol.

 

Virtualisasi Cloud Computing

Gambar 1: Hosted vs Bare-metal Hypervisor

 

Sebelum menerapkan sistem virtualisasi, ada baiknya jika anda menentukan jenis arsitektur virtualisasi yang akan digunakan dalam pusat data Anda. Terdapat 2 jenis arsitektur virtualisasi yaitu Host dan Baremetal.

Hosted Architecture yaitu jenis virtualisasi yang dihosting, sistem operasi (OS) yang diinstal pada perangkat keras terlebih dahulu. Berikutnya adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menginstal beberapa sistem operasi tamu, atau mesin virtual (VM) pada perangkat keras. Aplikasi kemudian diinstal dan dijalankan pada mesin virtual dengan cara yang sama seperti mesin fisik. Arsitektur vitualisasi yang dihosting lebih berguna untuk pengembangan perangkat lunak, menjalankan aplikasi lawas, dan mendukung sistem operasi yang berbeda.

Bare-metal Architecture dengan sistem hypervisor dipasang langsung pada perangkat keras dengan sistem operasi yang mendasarinya. VM dan aplikasinya diinstal pada hypervisor denganc ara yang sama dengan arsitektur yang dihosting. Aplikasi yang memberikan akses waktu nyata atau manfaat pemrosesan data dari arsitektur virtualisasi bare metal.

 

Virtualisasi Cloud Computing

Gambar 2: Desain Arsitektur Virtualisasi dalam Cloud

 

Sistem opersai tamu berkomunikasi dengan hypervisor daripada statistic kinerja perangkat keras fisik yang diukur melalui OOS tamu tidak mencerminkan kinerja perangkat keras fisik dan indikator kinerja yang tidak dapat diandalkan. Sumber daya yang dialokasikan untuk OS tamu sering bervariasi pada waktu tertentu sehingga menyulitkan untuk menggunakan deviasi dasar sebagai indikator kinerja. Pembagian sumber daya perangkat keras oleh tamu virtual juga membuatnya lebih sulit untuk menemukan dan memecahkan masalah kinerja. Selain itu karena virtualisasi menambahkan lapisan kompleksitas baru ke jaringan Anda, itu adalah praktik terbaik untuk mengelola sumber daya fisik dan virtual secara holistik, perangkat jaringan, dan aplikasi dari satu titik kontrol.

 

Kesimpulan

Solusi virtualisasi berbasis cloud yang mencakup layanan cloud public dan pribadi serta layanan cloud hybrid menyediakan penggunaan perangkat keras fisik secara efisien dan efektid yang dapat meningkatkan ROI bisnis. Virtualisasi juga dapat mendorong pemanfaatan kapasitas yang lebih tinggi dan mengurangi biaya sehingga dapat diinvestasikan untuk jangka panjang. Dapatkan layanan cloud terbaik dari Datacomm Cloud melalui link berikut.

 

Sumber:

  1. IDS
  2. Virtualization and Cloud Computing
  3. Virtualization in Cloud Computing
  4. Data Flair
  5. Java T Point
  6. Geeks for Geeks
  7. Academia
  • Virtualisasi Cloud Computing
    Virtualisasi Cloud Computing Adalah Virtualisasi merupakan sebuah proses abstraksi yang mengacu pada proses abstraksi yang berasal dari sumber daya computer, dimana teknik yang dilakukan adalah menyembunyikan karakteristik fisik serta mengubahnya …
  • Cloud Native dan Keunggulannya
    Dewasa ini, adopsi teknologi cloud menjadi suatu hal yang banyak dilakukan oleh perusahaan. Seiring dengan perkembangannya, teknologi cloud ini bukan lagi mengandalkan pada konsep cloud secara konvensional atau yang biasa …
  • Cloud Indonesia di New Normal
    Cloud Indonesia di masa New Normal Setelah lebih kurang 2 tahun lamanya “terkurung” akibat pandemi COVID-19, akhirnya pada tanggal 25 Mei 2022, Datacomm Cloud Business kembali menggelar acara seminar tatap …
  • Peluang Cloud Ecommerce
    Mengenal IaaS dan spesifikasinya Infrastructure as a Service (IaaS) merupakan salah satu jenis layanan komputasi awan yang mana seseorang bisa mendapatkan beberapa sumber daya komputasi, penyimpanan, serta jaringan dalam suatu paket …
  • Arsitektur Cloud
    Teknologi Cloud Computing memiliki peran yang signifikan untuk proses bisnis di era digitalisasi seperti sekarang dan juga masa depan. Teknologi ini menyentuh setiap bagian dari kehidupan kita saat ini, menawarkan banyak keuntungan …