Workshop Microservices with IBM

Menindak lanjuti seminar kami sebelumnya yang mengangkat tema “Microservices”, kami mengadakan workshop bekerjasama dengan IBM yang mengambil judul “Creating Microservices Application with IBM Cloud Private (ICP)”.

Workshop ini bertujuan menggali lebih dalam lagi mengenai bagaimana membuat aplikasi microservices dengan menggunakan IBM Cloud Private (ICP)  dengan narasumber dari IBM yaitu, Jaric Sng, IBM Cloud and Cognitive Software (ASEAN) Technology Architect, IBM Hybrid Cloud Software.

Workshop yang diikuti oleh 24 orang peserta ini dihelat di Function Hall Grha Datacomm pada hari Rabu, 7 Agustus 2019, setelah sehari sebelumnya mengadakan in-house training dengan tema yang sama di salah satu customer kami. Selain mendapatkan pemaparan mengenai ICP, para peserta juga langsung melakuakn praktek membuat aplikasi microservices dipandu oleh narasumber.

 

Acara yang dimulai pukul 09.00 ini dibuka langsung oleh Managing Director Datacomm Cloud Business, Bapak Sutedjo Tjahjadi sekaligus memberikan pemaparan singkat mengenai DCB, dilanjutkan oleh Hendry Rusli selaku perwakilan dari Tim Produk DCB yang menjelaskan mengenai Container as a Service dari Datacomm Cloud Business.

Jaric Sng kemudian memberikan materi dan tata cara membuat suatu aplikasi microservices secara runut mulai dari awal, dimulai dari pendahuluan tentang apa itu container, fitur diatas Kubernetes, dan praktek. Para peserta yang sudah siap dengan laptopnya mengikuti secara seksama dan dengan antusias melakukan “hands-on” sesuai arahan.

Baca Juga : Seminar Accelerating Business Using Microservices Architecture in Digital Age

Disini para peserta mempraktekan secara langsung bagaimana membangun image dari “nodejs application” sampai push image ke Datacomm CaaS dan run image di Datacomm CaaS.

Workshop berjalan dengan lancar dan berakhir pada pulul 14.00 setelah melakuan summary hasil workshop. Diharapkan dengan workshop ini para peserta bisa lebih memahami lagi bagaimana membuat aplikasi microservices dan mampu mempraktekannya di perusahaan masing-masing.

Datacomm Cloud Business bekerjasama dengan IBM akan membantu anda dalam mengembangkan teknologi container dan mengakselerasikan bisnis anda di era digital.

Untuk mengetahui layanan microservices dari Datacomm bisa klik tautan berikut ini :  Microservices dan jika anda ingin langsung bertanya bisa menghubungi kami via WA dengan tautan berikut ini : http://wa.me/087700082888

Materi presentasi bisa diakses melalui link dibawah ini :

 

 

  • Workshop Microservices with IBM
    Menindak lanjuti seminar kami sebelumnya yang mengangkat tema “Microservices”, kami mengadakan workshop bekerjasama dengan IBM yang mengambil judul “Creating Microservices Application with IBM Cloud Private (ICP)”. Workshop ini bertujuan menggali …
  • Tantangan Dalam Mengadopsi Microservices Yang Perlu Anda Ketahui
    Microservices merupakan topik yang hangat dibicarakan di dunia enterprise IT, hal ini terjadi karena alasan yang sangat jelas. Microservices menawarkan banyak keuntungan seperti kemampuan merubah kode pada sebuah service dengan …
  • Rahasia Membangun Microservices
  • Pilih Monolithic atau Microservices ?
    Saat ini, microservices dikenal luas untuk pembagian aplikasi menjadi layanan yang lebih kecil dan saling berhubungan. Ini berbeda dari monolitik yang merupakan kebalikan dari microservices. Monolithic juga bisa diartikan sebagai …
  • OPENSHIFT VS CLOUD FOUNDRY
    Kebingungan dalam menentukan platform yang tepat untuk container? Saat ini terdapat OpenShift dan Cloud Foundry yang memiliki dasar yang sama dengan platform PaaS. OpenShift merupakan sistem yang dikembangkan oleh redhart, sedangkan …